IPNU-IPPNU Banten Gelar Pelatihan Jurnalistik Guna Hadapi Tantangan Digitalisasi

Pelajarnubanten.or.id,  Kabupaten lebak. Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nadhlatul Ulama bersama Ikatan Pelajar Puteri Nadhlatul Ulama (PW IPNU-IPPNU) Provinsi Banten mengadakan pelatihan jurnalistik di Ponpes Al Marjan Mulabaru, Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten, Senin (28/6/2021).

Kegiatan tersebut menggandeng dua media online patron.id dan presisinews.id, dengan tema “Bersama IPNU IPPNU Membangun Jurnalis Muda Guna Menjawab Tantangan dalam Era Digitalisasi”. Serta diikuti sebanyak 30 peserta dari masing-masing delegasi pengurus anak cabang (PAC) kabupaten/ kota.

Ketua Umum PW IPNU Banten Abudin mengatakan, pelatihan tersebut tidak ingin sekedar kegiatan seremonial semata. Sebab, banyak kadernya yang tidak memanfaatkan gadget untuk hal-hal positif.

Bahkan ia menilai pihaknya banyak kekalahan dari kelompok sebelah, kelompok islam radikal, terkait dakwah islam yang ramah melalui media sosial.

“Kami dari PW IPNU-IPPNU Banten ingin mencetak kader yang fokus pada media. Kita harus bantu, kita counter berita-berita hoax yang menyerang orangtua kita (kiyai/ ulama -red) dan Nahdlatul Ulama di media sosial,” ujar Abudin, saat sambutan.

Oleh karenanya, ia berpesan agar seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan jurnalistik hingga selesai. Serta berkenan menjadi kontributor di tiap daerahnya masing-masing guna mengisi tulisan di situs milik IPNU-IPPNU Banten.

“Saya minta kepada seluruh peserta untuk khidmat mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan ridho nenjadi kontributor daerah untuk mengisi tulisan di website pelajarnubanten.or.id,” titipnya.

Senada, Wakil Ketua PP IPNU Akbarudin, menyampaikan bahwa pihaknya membutuhkan kader yang bisa menguasai literasi digital. Hal itu dilakukan untuk memberikan pemahaman-pemahaman tentang agama islam yang damai via social media.

“Saya perwakilan Banten di kepengurusan IPNU pusat berharap betul kegiatan ini tidak hanya seremonial. Kita butuh kader yang mampu menguasai literasi digital. Jihad hari ini bukan perang, tetapi dakwah yang positif di media sosial, itu juga bagian dari jihad,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Tanfizdiyah PC NU Kabupaten Lebak, Kiyai Saepudin Asy Asyadziliyah merespon baik adanya pelatihan jurnalistik bagi peserta dari seluruh IPNU-IPPNU yang ada di Banten.

Ia juga mengingatkan kepada para peserta agar tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut.

“Saya atas nama pribadi, sekaligus sebagai Pimpinan Pondok Pesantren Al Marjan Mulabaru, merasa bangga tempat ini dijadikan untuk acara pelatihan jurnalistik PW IPNU IPPNU Banten. Ini suatu keberkahan dan kebanggaan bagi kami, silahkan digunakan,” ucapnya. [Red/Bahri]

KONTRIBUTOR

PC IPNU LEBAK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *